google webmaster tools,

Layang Buana Wisesa

Konon ada dua orang kakak beradik bernama Buana dan Wisesa. Selam hidupnya antara keduanya selalu saling bertanya jawab masalah hidup dan mereka selalu berfikir mengenai nilai-nilai kehidupan. Buana bertempat tinggal di sebuah Kampung besar yang bernama Jembarngalah, sedangkan Wisesa bertempat tinggal di sebuah kampung kecil bernama Jamanngalah.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:45

Kumpulan Do'a, Jampe dan Silsilah

Isi naskah ini terdiri atas kumpulan jampe (mantra), doa dan beberaoa kisah atau silsilah para bangsawan dari kerajaan tradisional di tatar Sunda. Tidak sedikit dalam naskah itu, jampe-jampe dikemas dalam bentuk isim yang dijadikan azimat. Disebutkan pula beberapa tuah dari jampe-jampe itu diantranya dari aspek sosial, ekonomi hingga bagaimana menciptakan hubungan suami istri yang harmonis lahir dan batin. Palintangan waktu dalam kehidupan mempunyai peran penting. Hari baik, bulan dan tahun baik ada waktunya (perhitungan ketentuan). Sementara doa-doa pun sangat penting untuk tercipta kesempurnaan hidup.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:42

Kitab Etangan

Naskah kitab etangan dipergunakan sebagai sumber petunjuk apabila hendak melakukan suatu pekerjaan, baik pekerjaan yang berhubungan dengan pertanian maupun dengan urusan bepergian, perjodohan serta urusan-urusan lainnya. Pemegang naskah khususnya, serta sebagian masyarakat sekitar pada umumnya banyak mempercayai akan kebenaran petunjuk kitab itu. Oleh karena itu kitab tersebut sangat dipusti-pusti. Hal-hal yang terkandung didalamnya adalah :

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:41

Ahmad Muhamad

Dewi Kosasih bersuamikan Raja Jemur dan mempunyai dua orang anak laki-laki bernama Muhamad dan Ahmad. Sejak kecil kedua orang anak itu ditinggal mati ayahnya. Raja Jemur sebelum mati meninggali seekor burung perkutut bertuah. Menurut ramalan, barangsiapa dapat memakan kepala burung tersebut, kelak akan menjadi seorang senopati dan yang dapat memakan badan burung tersebut kelak akan menjadi seorang raja. Ramalan tentang tuah burung perkutut itu terimpikan oleh seorang nahkoda dari negeri Habsyi.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:38

Batara Kala

Keadaan di Sorgaloka kacau balau akibat ulah seorang putri di bumi bernama Dewi Tanara melakukan Tapabrata di Gunung Marabu. Dewi Tanara ingin bersuamikan seseorang yang suka disembah tetapi tidak diberi kewajiban untuk menyembah. Turunlah Batara Guru dari Sorgaloka karena merasa bahwa dirinyalah yang dimaksudkan oleh Dewi Tanara.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:37

Umar Maya

Alkisah pada masa para Khalifah memerintah dan menyebarkan aga Islam di tanah Arab, tersebutlah seorang pahlawan Arab yang gagah berani dan tangguh dari berbagai macam senjata perang, bernama Umar Maya. Ia memiliki kesaktian sehingga terkenal ke seluruh penjuru Negara-negara yang sudah memluk agama Islam. Nagara-negara yang belum memeluk agama Islam pun merasa gentar akan kesaktian pahlawan Islam tersebut.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:36

Sajarah Sukapura

Pangeran Ngabehi Kusuma Hadiningrat adalah seorang bangsawan di tanah Sunda keturunan Sultan Pajang. Jaka Tingkir yang menurunkan para bangsawan di tanah Pajang. Jaka Tingkir yang menurunkan para bangsawan di tanah Sunda, khususnya para bupati Sukapura. Pada zaman dulu di tanah Sunda ada dua tokoh terkenal bernama Pangeran Sumedang dan Dipati Ukur yang masing-masing menjadi kepala daerah di Sumedang dan Ukur. Keduanya menjadi pemimpin karena memiliki kekuatan yang luar biasa.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:35

Danumaya

Tersebutlah Negara Geulang Kencana dirajai oleh Panji Barata. Oleh karena ada kabar angin bahwa negaranya akan diserang oleh Negara Keling, maka Panji Barata mengutus Danumaya putra mahkota pergi ke Negara Keling agar disediki kebenaran berita tersebut. Sebagai siasat Danumaya pura-oura menengok Nini dan Aki Sari yaitu orang tua yang pernah mengurus Panji Barata pada waktu dulu.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:34

Babad Limbangan

Pada zaman dahulu kala Prabu Layaran Wangi (Prabu Siliwangi) dari kerajaan Pakuan Raharja mempunyai seorang pembantu bernama Aki Panyumpit. Setiap hari Aki Panyumpit diberi tugas berburu binatang dengan menggunakan alat sumpit (panah) dan busur.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:32

Suryakanta

Adalah sebuah kerajaan Tanjung Karoban Bagendir yang jauhnya dari kerajaan Banurungsit tujuh bulan perjalanan. Raja Tanjung Karoban Bagendir bernama Dengali dengan patihnya Dungala yang kedua-duanya siluman. Raja Dengali mempunyai istri dua orang, Kala Andayang dan Kala Jahar. Pada suatu hari Raja Dengali didatangi oleh

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:31

Babad Godog

Naskah ini berisi cerita tentang kisah seorang tokoh yang bernama Keyan Santang: putra Raja Padjajaran Sewu. Prabu Siliwangi, yang gagah perkasa kemudian masuk Islam. Ia menyebarkan agama baru yang dianutnya itu di Pulau Jawa dan menetap di Godog. Suci Kecamatan Karangpawitan Garut sampai akhir hayatnya. Nama-nama lain yang disandang tokoh itu adalah Gagak Lumayung, Garantang Sentra. Pangeran Gagak Lumiring. Sunan Rakhmat, dan Sunan Bidayah.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:30

Kampung Pulo

Kampung pulo merupakan suatu perkampungan yang terdapat di dalam pulau di tengah kawasan Situ Cangkuang. Kampung Pulo ini sendiri terletak di Desa Cangkuang, Kampung Cijakar, kecamatan Leles, Kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat. Adapun batas administrasi dari Kampung Pulo adalah sebagai berikut: Utara : desa Neglasari kecamatan Kadungora Selatan : desa Margaluyu dan desa Sukarame kecamatan Leles Timur : desa Karang Anyar dan desa Tambak Sari kecamatan Leuwigoong Barat : desa Talagasari kecamatan Kadungora dan desa Leles Kecamatan Leles

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:23

Kampung Dukuh

Kampung Dukuh termasuk dalam kawasan Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet. Jarak kampung dukuh dari desa Cijambekurang lebih 1,5 Km, sedangkan dari pusat kota kurang lebih 101 Km. untuk mencapai lokasi ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau juga dengan kendaraan umum sampai Kecamatan Cikelet, dilanjutkan dengan jasa angkutan ojeg sampai lokasi. Luas kampung Dukuh kurang lebih 1,5 Ha, terdiri atas 3 bagian atau daerah, yaitu Dukuh Dalam, Dukuh Luar, dan Makam Karomah.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:19

Rudat

Merupakan seni pertunjukan atraksi kekebalan tubuh. Selain di Pameungpeuk, berkembang juga secara aktif

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:17

Cigawiran

Seni tradisional Cigawiran termasuk kelompok cabang seni Karawitan Sekar,

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:14

Pencak Ular

Merupakan kesenian tradisional dari Kec. Samarang. Pencak silat ini tidak jauh berbeda dengan pencak silat yang ada, hanya selain mendemontrasikan jurus-jurus silat,

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:11

Hadro

HADRO adalah jenis kesenian perpaduan antara budaya Parahyangan dengan budaya Parsi atau Arab. Seni ini diperkenalkan oleh Kyai Haji Sura dan Kyai Haji Achmad Sayuti yang berasal dari Kampung Tanjung Singuru Samarang Kabupaten Garut sekitar tahun 1917. kehadirannya tentu saja mendapat sambutan hangat dari masyarakat Desa Bojong. Maka tidak heran apabila perkembangannya sungguh sangat menggembirakan.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:09

Gesrek

Seni Gesrek disebut juga Seni Bubuang Pati (mempertaruhkan nyawa). Bila dikaji dengan teliti, seni Gesrek dapat dikatakan juga bersifat religius. Dengan ilmu-ilmu, mantra-mantra yang berasal dari ayat Al Qur?an pelaku seni ini bisa tahan pukulan, tidak mempan senjata tajam atau tidak mempan dibakar. Demi keutuhan/mengasah ilmu yang dimiliki pemain Gesrek

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:07

Debus

DEBUS adalah salah satu jenis kesenian tradisional rakyat jawa Barat yang terdapat didaerah pamempeuk Kabupaten Garut ini tercipta kira ?kira di abad ke 13 oleh seorang tokoh penyebar agama islam ,pada waktu itu di daerah tersebut masih asing dan belum mengenal akan ajaran islam secara meluas. Tokoh penyebar agama islam disebut Mama ajengan . Nama ajengan berpikir dalam hatinya bagai manakah caranya untuk dapat menyebar luaskan atau mempopulerkan ajran agama islam karena pada waktu itu sangat sulit sekali karena banyak kepercayaan-kepercayaan dan agama lain yang di anut oleh masyarakat setempat. sedangkan ajaran agama islam pada waktu itu masih belum dipahami dan di mengerti maknanya .

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @18:05

Badeng

Kesenian tradisional BADENG diciptakan pada tahun 1800 yaitu di jaman Para Wali, kesenian ini mula-mulanya diciptakan oleh seorang tokoh penyebar agama Islam bernama ARFAEN NURSAEN yang berasal dari daerah Banten yang kemudian terus menetap di Kampung Sanding Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, beliau dikenal masyarakat disana dengan sebutan LURAH ACOK.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @17:57

Lais

Kesenian Lais Diambil Dari Nama Seseorang Yang Sangat Terampil Dalam Memanjat Pohon Kelapa Yang Bernama ?Laisan? Yang Sehari-Hari Di Panggil Pak Lais. Lais ini Sudah Dikenal Sejak Aman Penjajahan Belanda.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @17:55

Bangklung

Kesenian Bangklung merupakan perpaduan dua buah kesenian tradisional, yakni Kesenian Terebang dan Kesenian Angklung Badud. Biasanya kesenian ini dipentaskan pada :

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @17:53

Surak Ibra

Seni tradisional Surak Ibra dikenal juga dengan nama lain Boboyongan Eson. yang berdiri Sejak Tahun 1910 di Kampung Sindang Sari, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Kesenian Tersebut Hasil Ciptaan Raden Djajadiwangsa Putra Dari Raden Wangsa Muhammad (Dikenal Dengan Nama Lain Raden Papak).

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @17:40

Dodombaan

Atraksi seni yang menggunakan tetabuhan seperangkat kendang pencak silat dengan beberapa orang pendukungnya. Satu atau dua orang melakukan ibing pencak silat, juga terdapat delapan orang yang mengusung dua buah patung domba dari kayu yang bisa ditunggangi anak-anak dan dewasa.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @17:37

Prasasti Batu Tulis Barukai

Penelitian yang dilakukan di Kecamatan Bayongbong adalah terhadap sebuah prasasti di Kampung Barukai, desa Cigedug. Karena adanya prasasti tersebut Kampung Barukai sering juga disebut Kampung Batu Tulis. Bentang Alam (geomorfologis) wilayah ini merupakan pedataran tinggi bergelombang dengan ketinggian antara 1100 m sampai 1200 m di atas permukaan laut. Secara geografis wilayah ini terletak pada 70 20? 00? LS dan 1070 47? 50? BT. Daerah ini diapi oleh gunung Cikuray sebelah timur dan gunung Papandayan di sebelah barat.

selengkapnya...

Fri, 4 Jun 2010 @17:35

« 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 »

Tokoh Yg Terlupakan !
image

Mama Raden Kiayi Haji Syamsudin


Dari beliaulah lahir beberapa pesantren terkenal di Kab.Garut terutama di Kec. Limbangan & selaawi, Salah satunya Pesantren Assunan, Kudang, Ciseureuh, & Cikeused
Menu Utama

 

Aktifkan RBT Muslim Bersaudara-D'Sunan. Dgn cara Telkomsel ketik symp08 sms ke 1212. Indosat ketik symp08 sms ke 808. XL / AXIS ketik symp08 sms ke 1818

Pingin Cepet Kaya KLIK DISINI


Loading

 

Peresmian Mesjid Darul Muhtadin Pontren Assunan Padaleman Sunan Pancer Limbangan Garut 10/02/2012

Kontak AdminWeb Klik Disini

        Photo Bupati Garut


 

Bookmark and Share

 

SLINK
Copyright © 2017 Yayasan Assunan Limbangan · All Rights Reserved
RSS Feed