google webmaster tools,

Wali - Wali Allah SWT

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, Allah subhanahu wata'ala berfirman: "Barangsiapa yang memusuhi wali-Ku maka Aku kumandangkan perang terhadapnya. Tidaklah seorang hamba mendekatiKu dengan sesuatu yang Aku cintai dari perbuatan yang Aku wajibkan padanya dan ia masih terus mendekatiKu dengan perbuatan-perbuatan sunnah hingga Aku mencintainya.

selengkapnya...

Thu, 6 Jan 2011 @19:01

PENDIDIKAN ILAHI

Riwayat dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib KarromAllahu Wajhah, dari Rasulullah SAW bersabda : Tuhanku mendidikku, dan Dian mendidik adabku dengan baik. Hadist mulia ini melazimkan perwujudan hakikat dengan mengikuti jijak Nabi SAW. Barang siapa yang tergelincir dari adab tersebut akan terjerumus dalam hawa nafsunya. Siapa yang berpisah dengan adab tersebut ia tersesat dan menyimpang.

selengkapnya...

Sun, 2 Jan 2011 @23:36

TASBIH UNTUK MELIHAT TEMPAT KITA DI SURGA

Diceritakan dari Ibrahim bin adham dari sebagian wali Abdal, pada suatu malam ia shalat di tepi laut, kemudian beliau mendengar suara nyaring mengucapkan tasbih tanpa kelihatan siapa yang mengucapkannya. Lalu beliau berkata: siapakah anda? saya mendengar suaramu tetapi tidak melihat rupamu? . Kemudian suara tersebut menjawab:

selengkapnya...

Sun, 2 Jan 2011 @23:30

KUBUR SEBAGAI PESAN NYATA

Dikisahkan bahwa sewaktu Fatimah r.a. meninggal dunia maka jenazahnya telah diusung oleh 4 orang, antara :- 1. Ali bin Abi Talib (suami Fatimah r.a) 2. Hasan (anak Fatima r.a) 3. Husin (anak Faimah r.a) 4. Abu Dzafrrin Al-Ghifary r.a Sewaktu jenazah Fatimah r.a diletakkan di tepi kubur maka Abu Dzafrrin Al-Ghifary r.a berkata kepada kubur, Wahai kubur, tahukah kamu jenazah siapakah yang kami bawakan kepada kamu ? Jenazah yang kami bawa ini adalah Siti Fatimah az-Zahra, anak Rasulullah S.A.W. Maka berkata kubur,

selengkapnya...

Sun, 2 Jan 2011 @23:22

Nabi Sulaiman a.s. dan Seekor Semut

Kerajaan Nabi Sulaiman a.s. dikala itu sedang mengalami musim kering yang begitu panjang. Lama sudah hujan tidak turun membasahi bumi. Kekeringan melanda di mana-mana. Baginda Sulaiman a.s. mulai didatangi oleh ummatnya untuk dimintai pertolongan dan memintanya memohon kepada Allah s.w.t. agar menurunkan hujan untuk membasahi kebun- kebun dan sungai-sungai mereka. Baginda Sulaiman a.s. kemudian memerintahkan satu rombongan besar pengikutnya yang terdiri dari bangsa jin dan manusia berkumpul di lapangan untuk

selengkapnya...

Sun, 2 Jan 2011 @23:11

Menarik Energi Cinta Dengan Fengshui

Perubahan letak maupun penambahan elemen yang simpel mampu menarik energi cinta, kemakmuran, panjang umur dan kebahagiaan. Meski masih banyak yang meragukan, tapi hal ini masuk akal. Misalnya, kita merasa lebih baik saat berada dalam ruangan yang berwarna terang.

selengkapnya...

Sat, 1 Jan 2011 @21:37

Kisah Kewalian Syekh Magelung Sakti

Arifin Syam adalah putra dari kepala bagian pembesar istana dibawah kekuasaan Raja Hut Mesir, beliau sejak bayi telah ditinggalkan oleh ayah bundanya kehadirat Allah SWT, dan akhirnya dibesarkan oleh seorang muslim yang taat, disalah satu kota terpencil bagian negara Syam.

selengkapnya...

Sat, 1 Jan 2011 @21:28

Paribasa Kolot Baheula

Paribasa atau pepatah yang sudah diinformasikan secara lisan turun temurun dari para leluhur (karuhun) untuk bekal menjalani kehidupan. 1. Hubungan Dengan Sesama Mahluk * Ngeduk cikur kedah mihatur nyokel jahe kedah micarek (Trust - ngak boleh korupsi, maling, nilep, dlsb... kalo mo ngambil sesuatu harus seijin yg punya).

selengkapnya...

Sun, 5 Dec 2010 @22:31

Sangkuriang Kabeurangan

Cerita ini bermula pada zaman dahulu kala, dikala tanah Sunda kuno dikuasai oleh seorang Raja dan Ratu yang mempunyai putri cantik dan pintar bernama Dayang Sumbi. Dayang Sumbi adalah putri yang manja tetapi pemarah. Alkisah dilain cerita, dinegeri khayangan seorang Dewa mendapat kutukan menjadi seekor anjing dan dibuang ke bumi. Suatu pagi yang cerah Dayang Sumbi sedang asyik

selengkapnya...

Sun, 5 Dec 2010 @22:25

Mundinglaya Dikusumah

Ini legenda, bukan sejarah. Suatu ketika, sebuah kerajaan menyelenggarakan sayembara untuk mencari jimat salakadomas. Tak ada yang tahu apa yang melatari penyelenggaraan sayembara itu. "Yang jelas, siapa saja yang berhasil menemukan jimat tersebut, bakal dinikahkan dengan putri raja. Di antara para peserta, terdapat dua ksatria kenamaan kala itu, Mundinglaya dan Ki Jongkrang Kalapitung," tutur A. Ali Suharna (64), tokoh masyarakat sekaligus mantan Kepala Desa Muka Payung. Kami bertemu di dangau (gubuk) Kp. Cibitung Desa Muka Payung, Kec. Cililin, Kab. Bandung, Kamis (14/6).

selengkapnya...

Sun, 5 Dec 2010 @22:22

Legenda Lutung Kasarung

Lutung Kasarung (artinya Lutung yang Tersesat) adalah legenda masyarakat Sunda yang menceritakan tentang perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke Buana Panca Tengah (Bumi) dalam wujud seekor lutung (sejenis monyet). Dalam perjalanannya di Bumi, sang lutung bertemu dengan putri Purbasari Ayuwangi yang diusir oleh saudaranya yang pendengki, Purbararang. Lutung Kasarung adalah seekor mahkluk yang buruk rupa. Pada akhirnya ia berubah menjadi pangeran dan mengawini Purbasari, dan mereka memerintah Kerajaan Pasir Batang dan Kerajaan Cupu Mandala Ayu bersama-sama.

selengkapnya...

Sun, 5 Dec 2010 @22:20

Perang Bubat

Perang Bubat adalah perang yang terjadi pada masa pemerintahan raja Majapahit, Hayam Wuruk dengan Mahapatih Gajah Mada yang saat itu sedang melaksanakan Sumpah Palapa. Persitiwa ini melibatkan Mahapatih Gajah Mada dengan Prabu Maharaja Linggabuana dari Kerajaan Sunda di Pesanggrahan Bubat pada tahun 1357 M. Peristiwa ini diawali dari niat Prabu Hayam Wuruk yang ingin memperistri putri Dyah Pitaloka Citraresmi dari Negeri Sunda. Konon ketertarikan raja Hayam Wuruk terhadap putri Citraresmi karena beredarnya lukisan putri Citraresmi di Majapahit yang dilukis secara diam-diam oleh seorang seniman pada masa itu, Sungging Prabangkara.

selengkapnya...

Sun, 5 Dec 2010 @22:17

65 Tahun Hilang di Segitiga Bermuda

Pada 5 Desember 1945, sebuah kejadian misterius terjadi. Skuadron yang terdiri atas lima pembom torpedo Angkatan Laut hilang tanpa jejak di sebuah wilayah yang mashyur kehororannya di dunia, Segitiga Bermuda. Hilangnya 14 kru Penerbangan 19 (Flight 19) itu merupakan salah satu misteri terbesar dalam dunia penerbangan.

selengkapnya...

Sat, 4 Dec 2010 @22:52

Fakta Ilmiah di Balik Segitiga Bermuda

Misteri melingkupi sebuah wilayah laut di dalam garis imajiner yang menghubungkan tiga wilayah yaitu Bermuda, Puerto Riko, dan Miami di Amerika Serikat. Ada yang menyebutnya 'Segitiga Setan', 'Limbo the Lost', 'Twilight Zone', dan yang paling tenar adalah sebutan 'Segitiga Bermuda -- terinspirasi dari artikel Vincent Gaddis di Majalah Argosy.

selengkapnya...

Sat, 4 Dec 2010 @22:50

Legenda Gunung Rinjani

Pada jaman dahulu tidak jauh dari pelabuhan Lembar, terdapat sebuah Kerajaan Taun yang diperintah oleh seorang Raja yang sangat bijaksana bernama Datu Taun bersama permaisurinya yang sangat cantik Dewi Mas. Di bawah pemerintahan Raja Datu Tuan, kerajaan dalam keadaan aman, damai, dan tenteram. Namun meskipun demikian Raja kelihatan sering bersedih, hal ini dikarenakan beliau belum dikarunia seorang putera, sementara Raja dan Permaisuri sudah semakin bertambah tua.

selengkapnya...

Fri, 3 Dec 2010 @09:46

Penjelasan tentang Madzhab

Kata-kata mazhab merupakan sighat isim makan dari fiil madli zahaba. Zahaba artinya pergi; oleh karena itu mazhab artinya : tempat pergi atau jalan. Kata-kata yang semakna ialah : maslak, thariiqah dan sabiil yang kesemuanya berarti jalan atau cara. Demikian pengertian mazhab menurut bahasa.

selengkapnya...

Sat, 13 Nov 2010 @20:22

Ngalungsur Jimat Karahayuan Limbangan

Bentuk upacara adat yang hampir sama dengan Upacara Ngalungsur di Makam Keramat Godog yaitu dengan "menurunkan" benda-benda pusaka leluhur. Bedanya kalau ini tidak sekedar acara seremonial saja tapi lebih menekankan pada acara ritual ruhani Ijazahan ( Menurunkan Ilmu Kalimbanganan ) yang di turukan oleh Imam adat pada malam hari jam 12 tepat tgl 14 mulud setiap tahunnya dikampung Cibalampu Limbangan-Garut. Tiap tahunnya diikuti oleh puluhan ribu jama'ah dari pelbagai pelosok daerah kalau istilah limbangan ngabungbang.

selengkapnya...

Tue, 19 Oct 2010 @09:42

Dibalik Kemegahan Bangunan Makam Sunan Pancer

image

S iapa yang tidak kagum melihat kemegahan pelataran makam Sunan Pancer mulai dari pagar/benteng, gafura,tempat parkir, tempat istirahat/pendaftaran tamu, payung agung, tangga,tempat riyadhoh, mesjid, sampai pernak perniknya begitu tertata rapih dengan baik. Wajar kalau sebagian pengunjung dan masyarakat terkagum dan memujinya. N amun dibalik kemegahan dan ketulusan orang yang membangunnya, tanpa disadari empunya, .. ! Bahwa dimata para tokoh masyarakat khususnya para kiayi ada yang tidak berkenan dalam pembangunan tersebut. Kenapa .. .. !

selengkapnya...

Paham Kekuasaan Sunda

KEKUASAAN kurang lebih berarti kemampuan, kesanggupan, kekuatan, kewenangan untuk menentukan. Kekuasaan meliputi wilayah keluarga, kampung, negara, lembaga. Dalam pengertian kebudayaan, wilayah-wilayah kekuasaan tadi menampakkan pola-pola yang sama. Pengaturan kekuasaan dalam keluarga, dalam kampung, dalam kerajaan sama. Itulah pola kekuasaan yang menampakkan dirinya dalam berbagai hasil budaya Sunda. Namun, kebudayaan sebagai cara hidup kelompok itu berubah terus. Apa yang akan diuraikan di sini berdasarkan artefak-artefak budaya yang sudah ada, jadi agak kesejarahan, dalam arti telah terjadi

selengkapnya...

Tue, 19 Oct 2010 @00:13

Salaka Domas dan Salaka Nagara

Peradaban "Sunda" telah ada antara 30.000 - 12.000 tahun sebelum Masehi, jauh lebih tua dari peradaban bangsa Mesir (6000 SM). Namun demikian perlu dipahami terlebih dahulu bahwa istilah "SUNDA " sama sekali bukan nama etnis (suku) yang tinggal di Jawa Barat, sebab Sunda merupakan nama wilayah besar yang ditimbulkan oleh adanya ajaran "SUNDAYANA " (yana=ajaran) yang disebarluaskan oleh Maharaja Resi Prabhu Sindhu-La-Hyang (bapak dari Da Hyang Su-Umbi =Dayang Sumbi). Inti ajaran Prabhu Sindhu atau Sintho (di Jepang) dan di India menjadi HINDU (Hindus) adalah ajaran 'budhi-pekerti ' dan ketata-negaraan yang disebut sebagai La-Hyang Salaka Domas dan La-Hyang Salaka Nagara .

selengkapnya...

Mon, 18 Oct 2010 @18:40

Sejarah Kerajaan-kerajaan Klasik di Kepulauan Indonesia dan Semenanjung Malaysia

Dalam buku ini Paul M. Munoz mencoba menawarkan pandangannya yang cukup komprehensif mengenai perkembangan peradaban kerajaan-kerajaan di Kepulauan Nusantara Barat dari sejak zaman Kepulauan ini mulai menunjukan tanda-tanda dihuni manusia hingga masa awal penyebaran Islam. Kepulauan Nusantara secara strategis terletak di antara jalur transportasi yang ramai antara kerajaan-kerajaan di tanah Cina dan India. Karena posisinya ini, sejarah kerajaan-kerajaan di Kepulauan Nusantara sedikit banyak dipengaruhi oleh kejadian-kejadian peperangan dan kebijakan politik kerajaan di tanah India, Cina, dan Indocina.

selengkapnya...

Mon, 18 Oct 2010 @18:23

Misteri Satrio Piningit

Sebagian masyarakat Indonesia meyakini bahwa "Ratu Adil" atau Satrio Piningit ialah sosok pemimpin yang mampu membawa Nusantara atau Bangsa Indonesia menuju negara yang gemah ripah loh jinawi toto tentrem kertoraharjo (kaya sumber daya alam dan subur, aman, tentram, dan sejahtera). Bung Karno Sang Proklamator Bangsa Indonesia pun di suatu kesempatan pernah menyatakan bahwa, kelak suatu saat nanti Bangsa Indonesia akan dipimpin oleh seorang "Ratu Adil" atau Satrio Piningit yang mampu membawa Bangsa Indonesia menuju zaman keemasan.

selengkapnya...

Sun, 17 Oct 2010 @21:06

Rahasia Aktivasi Otak Tengah

Salah satu rahasia aktivasi otak tengah yang bisa membuat anak-anak biasa menjadi luar biasa adalah memakai teknologi gelombang otak. Teknologi gelombang otak ini pertama kali ditemukan oleh Richard Caton. Dalam jurnal medis di Inggris yang dikeluarkan pada tahun 1875, dia menyebutkan bahwa pada belahan otak kelinci dan monyet ditemukan adanya aktivitas listrik. Penelitian tentang gelombang otak kemudian dilanjutkan oleh Adolf Beck pada tahun 1890. Dalam sebuah artikelnya dia menemukan adanya gelombang listrik pada otak kelinci dan otak anjing. Dia menambahkan bahwa gelombang ini berupa osilasi ritmik yang mirip cahaya.

selengkapnya...

Tue, 28 Sep 2010 @19:37

Babad Limbangan

Pada zaman dahulu kala Prabu Layaran Wangi (Prabu Siliwangi) dari kerajaan Pakuan Raharja mempunyai seorang pembantu bernama Aki Panyumpit. Setiap hari Aki Panyumpit diberi tugas berburu binatang dengan menggunakan alat sumpit (panah) dan busur. Pada suatu hari Aki Panyumpit pergi berburu ke arah Timur. Sampai tengah hari ia belum memperoleh hasil buruannya, padahal telah banyak bukit dan gunung didaki. Sesampainya di puncak gunung, ia mencium wewangian dan melihat sesuatu yang bersinar di sebelah Utara pinggir sungai Cipancar. Ternyata harum wewangian dan sinar itu keluar dari badan seorang putri yang sedang mandi serta mengaku putra Sunan Rumenggong, yaitu Putri Rambut Kasih penguasa daerah Limbangan.

selengkapnya...

Tue, 21 Sep 2010 @23:19

Sejarah Penggunaan Bahasa Sunda

Bahasa Sunda sebagai bahasa resmi pernah mandeg ketika tatar Sunda menjadi bawahan Mataram, pada Jaman Amangkurat I sedikit-demi sedikit diserahkan kepada Belanda. Pada amasa itu bahasa Sunda hanya digunakan sebagai bahasa lisan bahasa sehari-hari, sedangkan bahasa formalnya menggunakan bahasa Jawa, Konon kabar sejak abad 17 (Jatuhnya Pajajaran), di tatar Sunda menggunakan naskah-naskah berbahasa dan beraksara Jawa, berbahasa dan beraksara Arab, serta berbahasa Jawa dan beraksara Pegon.

selengkapnya...

Wed, 15 Sep 2010 @19:01

« 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 »

Tokoh Yg Terlupakan !
image

Mama Raden Kiayi Haji Syamsudin


Dari beliaulah lahir beberapa pesantren terkenal di Kab.Garut terutama di Kec. Limbangan & selaawi, Salah satunya Pesantren Assunan, Kudang, Ciseureuh, & Cikeused
Menu Utama

 

Aktifkan RBT Muslim Bersaudara-D'Sunan. Dgn cara Telkomsel ketik symp08 sms ke 1212. Indosat ketik symp08 sms ke 808. XL / AXIS ketik symp08 sms ke 1818

Pingin Cepet Kaya KLIK DISINI


Loading

 

Peresmian Mesjid Darul Muhtadin Pontren Assunan Padaleman Sunan Pancer Limbangan Garut 10/02/2012

Kontak AdminWeb Klik Disini

        Photo Bupati Garut


 

Bookmark and Share

 

SLINK
Copyright © 2017 Yayasan Assunan Limbangan · All Rights Reserved
RSS Feed