google webmaster tools,

Tanaman Obat Tradisional Patikan Kebo


  
Tanaman  Obat tradisional   Patikan kebo dapat hidup selama setahun.  Tanaman   obat tradisional  ini terdapat di berbagai negara seperti india, cina, malaysia, australia. Di indonesia banyak tanaman ditemukan dekat pantai, padang rumput atau ladang.  Patikan kebo   dapat tumbuh pada ketinggian 1 hingga 1.400 meter di atas permukaan laut.
Senyawa senyawa seperti  triterpenoid ,  steroid, flavonoid, alkaloid, tanin (asam ellagat), hentriakontan, karbohidarat, dan asam amino   dapat di jumpai di tanaman ini. Beberapa hasil penelitian  tentang tanamanobat tradisional   ini mengidikasi bahwa infus  patikan kebo   dapat menghambat pertumbuhan  salmonella typhi . Artinya tanaman ini secara ilmiah di duga kuat dapat menyembuhkan penyakit thypus. Penggunaanya secarat radisional   pun membuktikan bahwa  patikan kebo   dapat membantu penyembuhan penyakit thypus.
 

Sebutan orang untuk tanaman  obat tradisional   ini bervariasi. Orang orang sekitar jakarta menyebutnya gendong anak. Orang sunda menyebutnya nanangkaan, penamaan ini barangkali  karena  patikan kebo bergetah putih menyerupai getah nangka. Demikian dengan orang sumatra, masyarakat di pulau ini menamainya daun biji kacang beberapa daerah menyebutnya kukon kukon, patikan jawa, orang jawa sendiri menamai tanaman  obat tradisional   ini patikan kebo. Di halmahera tanaman ini di sebut sosononga. Isu ma ibi (ternate), isu gibi (tidore), kak sekakan (madura).
 
Ciri Ciri Tanaman obat tradisional Patikan kebo
 
Tanaman  obat tradisional   Patikan kebo   dapat berumur 1 tahu, kemudian mati. Tinggi tanaman ini bervariasi dari 6 cm hingga 60 cm. Batangnya beruas ruas, bulat silinder, berwarna hijau kecoklatan. Permukaan daun dan batang patikan berbulu halus. Daun tanaman ini kecil kecil dan menempel di buku buku batangnya. Daun tanaman ini adalah daun tunggal dengan duduk daun sling berseberangan satu daun dengan daun lainnya. Panjang daun berkisar antara 0.5-5 cm. Warna daunya hijau bercak ungu. Sebagai mana daunnya , batang patikan kebo   juga muncul di ketiak daun. Ukurannya kecil kecil dan jumlahnya banyak. Jadi, bunga tanaman obat tradisional patikan kebo tergolong bunga majemuk, jika kita perhatikan secara cermat tampak bahwa bunga betina di kelilingi oleh beberapa bunga jantan. Warna bunganya juga hijau keungu unguan.

Patikan kebo sebagai  obat tradisional   dikenal sebagai obat dalam maupun obat luar. Khasiat tanaman  obat tradisional   ini sangat beragam, antaranya sebagai obat bisul, koreng, ataupun kurap. Untuk pengobatan penyakit penyakit luar tersebut, caranya dengan mengoleskan tumbuhan halus tanaman ini. Getah tanaman ini kerap digunakan untuk mengobati radang selaput mata, koreng, kornea, dan penyakit mata lainnya. Getahpatikan kebo   juga dapat di oleskan dalam penyembuhan kurap, luka setelah khitanan, dan luka digigit ular. Infus patikan kebo juga di anjurkan untuk mengobati penyakit maag, radang selaput lendir usus menahun, dan radang rektum. Tanaman  obat tradisional   ini juga dapat digunakan untuk sakit kepala akibat sengatan matahari. Jika mau melancarkan ASI dapat menggunakan tanaman  obat tradisional   ini.
Sifat tanaman
Tanaman  obat tradisional   Patikan kebo bersifat sedatif (penenang), menghentikan pendarahan (hemostatik), peluruh air seni (deuretik), dan peluruh dahak (ekspektoran). Orang kerap menggunakan tanaman ini sebagai narkotika ringan atau sebagai obat tidur. Tanaman ini juga bersifat melemaskan otot, menanggulangi bronkhitis dan asma. Tanaman yang di sebut manangkaan di daerah sunda ini juga berefek anti bakteri, anti disentri, dan antispasmodik. Ekstraknya juga berefek analgesik sentral atau menyerupai efek morfin.  Patikan kebo   juga juga berefek menurunkan panas (antipiretik), mengempiskan radang (antiinflamasi). Ekstrak tanaman ini juga berefek abortivum (menyebabkan keguguran) pada tikus. 

Mon, 14 Jun 2010 @11:31


2 Komentar
image

Thu, 24 Jun 2010 @22:32

Hj. Tatin, SKM

Ass. Semoga sukses, siip deh situsnya

image

Thu, 24 Jun 2010 @22:40

Admin

Terima kasih


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+2+5

Tokoh Yg Terlupakan !
image

Mama Raden Kiayi Haji Syamsudin


Dari beliaulah lahir beberapa pesantren terkenal di Kab.Garut terutama di Kec. Limbangan & selaawi, Salah satunya Pesantren Assunan, Kudang, Ciseureuh, & Cikeused
Menu Utama

 

Aktifkan RBT Muslim Bersaudara-D'Sunan. Dgn cara Telkomsel ketik symp08 sms ke 1212. Indosat ketik symp08 sms ke 808. XL / AXIS ketik symp08 sms ke 1818

Pingin Cepet Kaya KLIK DISINI


Loading

 

Peresmian Mesjid Darul Muhtadin Pontren Assunan Padaleman Sunan Pancer Limbangan Garut 10/02/2012

Kontak AdminWeb Klik Disini

        Photo Bupati Garut


 

Bookmark and Share

 

SLINK
Copyright © 2017 Yayasan Assunan Limbangan · All Rights Reserved
RSS Feed