google webmaster tools,

Upacara 12 Mulud

Kecamatan : Cikelet
 
1.Tanggal 11 Maulud tamu-tamu yang mau ikut upacara 12 Maulud dari luar Kampung Dukuh sudah datang ke Kampung Dukuh, sambil membawa peralatan yang mau di muludkan. 

2.Pada sorenya tanggal 11 Maulud tamu-tamu dan masyarakat Kampung Dukuh melaksanakan ?Manaja? ke Kuncen sesudah Sholat Ashar. ?Manaja? ialah menyampaikan maksud ka Kuncen sambil mempersilahkan makan berupa bebawaan seperti : beras, kelapa, mie, telor, dan lain-lain semampunya. 

3.Bebawaan manaja itu dikumpulkan di rumah Kuncen, seterusnya di masak oleh istri Kuncen yang di bantu oleh istri-istri masyarakat Kampung Dukuh, juga ada lelaki yang membantu membuat kontrang dan kojong, yaitu barang tempat menyimpan makanan untuk ke masjid. 

4.Upacara 12 Mulud di Kampung Dukuh merupakan upacara besar yang disebut Lebaran Mulud, lebih besar dari lebaran Idul Fitri atau Idul Adha. 

5.Sesudah Sholat Isya diadakan kegiata terebang senjak, yaitu merupakan kesenian asli Kampung Dukuh yang dilaksanakan di dalam Masjid Jami sampai waktu subuh. 

6.Dari kegiatan terebang ini, selain memainkan terebang senjak juga di barengi oleh membaca Sholawat Nabi. 

7.Pagi-pagi tanggal 12 Mulud, kurang lebih jam 7.00 sesudah ada isyarat panggilan berupa suara bedug yang di dengungkan di Masjid Jami, semua lelaki masyarakat Kampung Dukuh juga para tamu lelaki masuk ke Masjid Jami sambil bawa alat-alat yang ditaruh di tempatnya masing-masing, selain dari barang-barang pusaka juga bawa padi yang biasanya dibuat dari kukuk (tempat yang dibuat dari sejenis buah-buahan yang dikeringkan). Bebawaan tadi seperti barang pusaka, padi, air, ada juga yang bawa minyak wangi untuk membersihkan benda pusaka tersebut masing-masing disatukan dalam satu tempat, ada yang pakai tampah, ada juga yang pakai baskom. Semua bebawaan yang masuk ke Masjid, disimpan ditengah-tengah Masjid yang bawanya pada duduk disisi Masjid dibelakang bebawaan tadi. 

8.Acara manakiban yaitu merupakan kegiatan marhabaan dengan baca Sholawat. 
a. Disiapkan nasi sebakul yang dibawa dari rumah Kuncen, nasi ini disebut cangkararuk (sisa nasi yang sudah basi) Mulud. 
b. Semua peralatan pusaka dibuka dari tempatnya di taruh di tampah tadi. 
c. Nasi yang ada di bakul dikelilingkan ke salah seorang yang ditugaskan oleh Kuncen ke semua yang ada di dalam Masjid. 
d. Semua yang ada di dalam Masjid tadi, mengambil nasi yang ada di bakul sambil terus dipegang 
e. Kuncen atau Wakil Kuncen mulai memimpin do?a pada acara manakiban ini. Di tengah-tengah Kuncen berdo?a, sesudah terdengar ucapan ?Kobulan?, semua yang memegang nasi tadi serempak mengepalkan nasi tersebut lalu dimasukkan ketempat yang disatukan dengan peralatan, padi dan air yang tadi. 
f. Sesudah selesai Kuncen berdo?a, masing-masing peralatan dibersihkan oleh yang punya, ada yang di air lalu dikeringkan, ada juga yang di minyak wangi. 
g. Sewaktu membersihkan peralatan, petugas Kuncen membawa makanan dari rumah Kuncen ke Masjid, yang sudah ditempatkan dikontrang dan kojong. 
-Kontrang tempat makanan kecil berupa opak, lontong, rengginang, bugis, pisang dan lain-lain. 
-Sedangkan kojong tempat nasi dan lauk pauknya. 

h.Sesudah membersihkan peralatan pusaka semua yang ada di dalam Masjid dibagi makanan, masing-masing diberi kontrang satu dan kojong satu. 
Makanan ini, ada yang dimakan di Masjid, ada juga yang dibawa ke rumahnya dimakan bareng keluarga. Tempat tampah tadi dibawa lagi ke masing-masing rumahnya, nasi yang dikepalkan sampai keras itu dimasukkan ke pendaringan (tempat beras) masing-masing. 

Tamu yang dari jauh ada yang belum pulang ke kampungnya, karena ingin mengikuti acara upacara adat 14 Mulud. 

Kontributor: H. Daud Mokhamad Komar

Fri, 4 Jun 2010 @14:25

Tokoh Yg Terlupakan !
image

Mama Raden Kiayi Haji Syamsudin


Dari beliaulah lahir beberapa pesantren terkenal di Kab.Garut terutama di Kec. Limbangan & selaawi, Salah satunya Pesantren Assunan, Kudang, Ciseureuh, & Cikeused
Menu Utama

 

Aktifkan RBT Muslim Bersaudara-D'Sunan. Dgn cara Telkomsel ketik symp08 sms ke 1212. Indosat ketik symp08 sms ke 808. XL / AXIS ketik symp08 sms ke 1818

 

Peresmian Mesjid Darul Muhtadin Pontren Assunan Padaleman Sunan Pancer Limbangan Garut 10/02/2012

Kontak AdminWeb Klik Disini

        Photo Bupati Garut

Bookmark and Share

SLINK
Copyright © 2018 Yayasan Assunan Limbangan · All Rights Reserved
RSS Feed