google webmaster tools,

WILAYAH KARAWANG SALAH SATU PENANDA SITUS SEJARAH SUNDA

 

Secara toponimi nama Karawang diperkirakan berasal dari:

  • Kata “Karawaan” yang berarti wilayah yang banyak rawanya.
  • Ada pula yang memaknai berasal dari kata “Quro-wang” yang berasal dari tempat Syeh Quro (yaitu pasantren yang pertama ada di wilayah Tatar Sunda yang terletak di wilayah Karawang sekarang; salaseorang santri wanitanya adalah Puteri Subanglarang yang diperisteri oleh Prabu Sri Baduga Maharaja/Siliwangi) dan kata “wang = wong, orang”.
  • Karawang > dikarawang = tepi kain (selendang) yang diberi ornamen berlubang agar menjadi indah.

Asal kata yang mana yang akan dijadikan acuan, tidak menjadi masalah, semuanya mengandung makna yang positif, misalnya:

  • Bila mengacu pada kata Karawang < karawaan, artinya daerah berawa yang tentu tidak akan kekurangan air, filosofi air menjadi acuannya.
  • Bila hendak mengacu kepada kata “Quro-wang”. Mengandung makna yang sangat religius, maka sepantasnya wilayah Karawang beserta penduduk dan para pemimpinnya berkualitas akhlak religius (khususnya Islami).
  • Bila mengacu kepada kata “karawang” yang berarti ornamen nan indah, tentulah wilayah Karawang harus menjadi wilayah yang indah tertata rapih permukimannya serta indah pula perangai akhlak penduduknya.

Akhir-akhir ini ternyata wilayah Karawang menjadi salah satu penanda awal dari situs kesejarahan/arkeologi di wilayah Tatar Sunda. Eskavasi situs Batujaya dan sekitarnya menunjukkan kualitas “peradaban” yang tinggi pada masanya. Dari wilayah Karawang inilah peradaban Tatar Sunda mulai menyebar ke seantero wilayah Jawa Barat malah melampaui batas wilayah admisnistrasi memasuki wilayah Jawa Tengah.

Sejak ditemukan sekitar tahun 1984 sampai sekarang komplek percandian ini telah mengundang perhatian yang luas dari berbagai pihak untuk melakukan penelitian. Beberapa lembaga resmi yang terlibat secara langsung dalam upaya mengungkap eksistensi situs ini adalah Pusat Penelitian Arkeologi (dahulu bernama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional), Direktorat Perlindungan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala, dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Bahkan penelitian yang berkesinambungan telah dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi sejak tahun 1992 sampai sekarang.

Saat ini diketahui bahwa Situs Batujaya merupakan sebuah komplek percandian yang tersebar dalam radius 5 kilometer dan berada sekitar 6 km arah selatan dari pantai utara Jawa Barat. Sampai saat ini telah ditemukan 24 titik lokasi/unur yang diduga mengandung tinggalan arkeologi di dalamnya, 13 lokasi berada di Desa Segaran dan 11 lokasi berada di Desa Telagajaya. ****)

Kesadaran akan sejarah wilayahnya akan memperkuat jatidiri penduduk wilayah tsb. seperti yang dikatakan seorang sosiolog dari Barat yaitu Miland Kundera menyebutkan bahwa “Menghancurkan suatu bangsa hilangkan saja kebanggaan akan sejarahnya”, dengan kalimat lain “hancurnya suatu bangsa bila bangsa tsb tidak lagi bangga akan sejarahnya”. Demikian pula siapa yang tidak mengenal sajak Khairil Anwar “Antara Karawang-Bekasi” yang demikian patriotis. Semoga saja ruh patriotik ini selalu mengalir dalam darah dan nafas penduduk Karawang serta para pemimpinnya. Patriotismee dan kesadaran akan sejarah bangsa sangierlu pada waktuini, ketika rsa nasionalisme murkikir dari reluhatanak bangsa. Pada saat ini begitu banyak anak bangsa yang lebih merasa bangga dengan bangsa dan negara lain daripada negaranya sendiri.

PUNGKAS WACANA

Menyimak wacana di atas ternyata masih banyak pekerjaan yang menunggu kreatifitas dan etos kerja serta kesungguhan hati dari seluruh putera-puteri Karawang beserta para pemimpinnya dalam menata kesejahteraan wilayahnya.

Semoga Allah SWT selalu melimpahkan inayyah, hidayah serta magfirahnya kepada kita semua yang tengah menapaki kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang Madani Mardotillah. Amin!

Alhamdulillahirrobbil’alamin.

Karawang, 2004.

Sumber:

****) Disbudpar Prop. Jabar 2004.

Fri, 4 Jun 2010 @10:38

Tokoh Yg Terlupakan !
image

Mama Raden Kiayi Haji Syamsudin


Dari beliaulah lahir beberapa pesantren terkenal di Kab.Garut terutama di Kec. Limbangan & selaawi, Salah satunya Pesantren Assunan, Kudang, Ciseureuh, & Cikeused
Menu Utama

 

Aktifkan RBT Muslim Bersaudara-D'Sunan. Dgn cara Telkomsel ketik symp08 sms ke 1212. Indosat ketik symp08 sms ke 808. XL / AXIS ketik symp08 sms ke 1818

 

Peresmian Mesjid Darul Muhtadin Pontren Assunan Padaleman Sunan Pancer Limbangan Garut 10/02/2012

Kontak AdminWeb Klik Disini

        Photo Bupati Garut

Bookmark and Share

SLINK
Copyright © 2018 Yayasan Assunan Limbangan · All Rights Reserved
RSS Feed